Banyak sekali kita menemui berbagai artikel, blog, bahkan web yang menampilakan informasi tentang dunia perminyakan. Baik berupa informasi atau pun sarana jual beli produk dan pelayanan, semua menampilkan dengan nama "Petro..." dibagian depan, misal PetroAAA (AAA = bisa nama personal, nama kelompok, nama alat, atau istilah). Pada kesempatan kali ini saya hanya akan berbagi pengetahuan tentang apa sih arti PETROLEUM yang sesungguhnya. Tujuannya agar pembaca yang masih awam lebih mengerti dan paham tentang kata tersebut.



Sesuai dengan yang dikutip dari wikipedia, PETROLEUM berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari 2 suku kata, yaitu Petra dan Oleum. Petra atau petro sendiri berarti batu sedangkan Oleum bermakna minyak. Seorang pakar mineralogi berkebangsaaan Jerman, Georg Bauer, di dalam sebuah karyanya yang berjudul De Natura Fossillium yang diterbitkan pada tahun 1546, adalah yang pertama kali menggunakan istilah petroleum

Kesimpulan yang bisa kita peroleh dari uraian diatas adalah bahwa istilah petro yang digunakan oleh seseorang, kelompok, atau pun suatu instansi untuk  artikel, blog, bahkan web untuk menyampaikan informasi atau untuk hubungan kerjasama, bertujuan untuk mempermudah pembaca dan pencari informasi bahwa apa yang diinformasikan itu memiliki unsur dunia perminyakan. Salah satu alasannya adalah karena sudah banyak orang menganggap bahwa petroleum adalah perminyakan, dengan tidak berdasar pada arti sebenarnya. Semisal ada suatu pihak yang akan menggunakan web untuk menginformasikan tentang dunia perminyakan. Pihak tersebut kemudia menggunakan kata INFO yang nantinya dikombinasikan dengan kata PETRO, maka jadilah PETROINFO yang maksudnya adalah menyediakan berbagai info tentang perminyakan. Namun, jika dilihat secara makna katanya, kata tersebut berarti 'info batu' atau 'info tentang bebatuan'. Mengapa tidak menggunakan INFOLEUM saja? bukankah artinya lebih jelas dan lebih spesifik.

Demikian post ini saya tulis.Semoga bermanfaat dan menambah pemahaman pembaca semua. Saya harapkan saran dan kritikan yang positif untuk kemajuan blog ini. Kurang lebih dan salah kata, saya sebagai penulis minta maaf yang sebesar-besarnya. Terima kasih banyak.

Referensi: Wikipedia

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama